Cara Mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine

WSH (Windows Script Host) merupakan fitur dari Microsoft Windows sendiri untuk menjalankan script-script yang ada pada sistem operasi anda seperti mengecek lisensi windows lewat Command Prompt dan Regristrasi Wifi Enterprise dengan sertifikat lewat clearpass yang secara tidak langsung sangat penting untuk kinerja sistem operasi Windows.

Baca juga artikel berikut:

Penyebab terjadinya notifikasi error ini menurut pengalaman saya sendiri karena fitur ini mati akibat terblokir antivirus seperti milik saya yaitu SMADAV mungkin fungsinya antivirus untuk tidak sembarangan menjalankan script di OS (Operation System) saya namun setelah saya uninstall akibatnya WSH muncul sedemikian.

1.SMADAV ANTIVIRUS

Jadi Langkah Pertama untuk memperbaiki ini ialah mencoba untuk instal ulang Antivirus SMADAV yang dulu pernah terinstall pada OS kita.

Download Antivirus SMADAV di situs resminya secara gratis karena ini antivirus buatan anak bangsa jadi langsung aja pengunjung bisa mengunjungi situs resminya di pencarian Google dan lakukan langkah berikut;

Setelah mengunduh file dari situs resmi SMADAV jalankan file installer smadav2021rev1462.exe (untuk versi April 2021) secara admin bila perlu dan akan diarahkan ke jendela seperti berikut Klik Next > untuk melanjutkan instalasinya;

Untuk License Agreement dari SMADAV bisa di baca terlebih dahulu atau di lompati klik Next > saja kemungkinan ini juga sangat penting karena perjanjian antara user dengan pihak SMADAV apalagi ini antivirus versi gratis jadi mungkin ada fitur yang perlu menunggu persetujuan pengunjun yang menginstall antivirus ini.

Untuk menampilakan ikon shortcut SMADAV pada desktop Windows pengunjung bisa di centang lalu Next > dan untuk membantu pengembangan statistik SMADAV melalui bandwidth internet pengunjung bisa centang bisa tidak monggo.

Selanjutnya antivirus SMADAV sudah siap untuk di install dan lakukan klik Install tunggu beberapa menit sampai proses instalasi berjalan dengan benar sampai selesai anda bisa langsung melihat SMADAV otomatis berjalan di sistem operasi windows pengunjung.

Setelah berjalan kemudian arahkan kursor pengunjung dan klik pada pojok kanan windows seperti gambar berikut dan masuk ke klik kiri untuk mengaktifkan WSH pengunjung dapat memilih 2 opsi yaitu Allow WIndows-Script & Office-Macro (Permanent) / Allow WIndows-Script & Office-Macro (Setelah Restart)


2.REGISTRY WINDOWS 

Langkah kedua ialah menggunakan regristy bawaan windows sendiri dengan masuk ke aplikasi regedit windows secara admin agar dapat mengedit dan membuat file di dalamnya dengan mudah.

Setelah itu, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings seperti tampilan gambar di bawah.

Kemudian, buatlah sebuah file baru di  Settings > New > DWORD (32) bit Value,  dan berikan nama Enabled agar fitur WSH bisa menyala.

Jika sudah, modify atau double klik pada Enabled > pada Value data silahkan ganti angka 0 menjadi 1 untuk menyalakan WSH > lalu Ok.

Setelah itu coba lakukan restart pada perangkat PC anda agar konfigurasi ini tersimpan dan bisa di jalankan.

3.SYSTEM CONFIGURATION WINDOWS

Langkah terakhir yang mungkin menjadi langkah yang benar sesuai pengalaman saya setelah mencoba langkah-langkah sebelumnya saya pasrah dan menggunakan langkah terakhir ini jika tidak bisa saya harus melakukan install ulang windows yang memakan waktu cukup lama dan reinstall aplikasi yang membosankan, jadi saya mencoba masuk ke Pengaturan System Configuration sesuai apa yang saya temui di internet, yaitu masuk lewat pencarian Windows anda dan carilah System Configuration. 

Setelah masuk pada tab General  hilangkan centang pada Load startup Items > Jika sudah klik Apply lalu Ok.

Pindah ke tab Services > centang pada Hide all Microsoft services > klik Disable All > klik Apply lalu Ok.

Selesai coba restart kembali sistem Window anda kemungkinan terbesar seharusnya sudah berfungsi seperti pengalaman saya sendiri, Jika Tutorial di atas masih belum berfungsi atau masih error anda jangan sungkan langsung saja komen di bawah ya berikan tanggapan kritik dan saran terima kasih atas perhatiannya jangan lupa bagikan jika info ini bermanfaat.

#windows #windows10 #windows7 #windowsxp #windows8 #microsoftwindows #windows8.1 #windowsupdate #windows10tricks #windows10tutorial #windowspc #window #windowsapps #windows2021

YIP

salken yunias pujianto masih jomblo jadi penulis blog baru

6 Comments

  1. Replies
    1. paling simple sih tinggal install ulang antivirusnya gan atau langsung os windowsnya wkwkwk

      Delete
  2. baru juga kemarin laptop aku kayak gini huhuh, kok baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena smadav ya gan wkwkwk tapi secondary antivirus memang penting buat komputer kita jadi ndak perlu di uninstall

      Delete
  3. Replies
    1. yoi Terima kasih sudah berkunjung gan jangan lupa mampir ke artikel lainnya di blog kami

      Delete
Previous Post Next Post