Cara Mudah Cek Lisensi Windows Original

Bagi sebagian masyarakat indonesia mungkin memakai sebuah sistem operasi komputer sembarangan tanpa mengetahui bahawa sebenarnya OS (Operation System) yang di pakai bajakan dan menyalahi aturan dari pihak Microsoft berbeda dengan os bawaan hp atau smartpone yang memang gratis karena berbasis Linux. Oleh karena itu di artikel ini saya coba jelaskan dan cara cek lisensi windows di komputer / laptop pengunjung masing-masing.

sumber gambar:https://www.pexels.com/@adam-sondel-381265

Baca juga artikel berikut:

Dalam hal pembelian lisensi untuk OS Windows, ada sejumlah channel berbeda yang dapat Anda beli. Jenis lisensi yang paling umum adalah Retail (FPP (Full Packaged Product)), OEM (Original Equipment Manufacturer), dan Volume Licensing. Setiap jenis lisensi Windows memiliki hak dan menerapkan batasan berdasarkan Persyaratan Lisensi Perangkat Lunak atau Software Microsoft sendiri.

1. Retail

Lisensi Full Packaged Product (FPP) dibeli dari eceran toko online dan memberikan cara yang cepat dan nyaman bagi pelanggan yang membutuhkan kurang dari lima lisensi untuk membeli perangkat lunak (software) mereka. Lisensi yang dijual melalui FPP bisa berupa lisensi penuh atau lisensi peningkatan. Lisensi penuh tidak memerlukan versi perangkat lunak yang sudah ada sebelumnya pada mesin komputer tempat menginstalnya, sedangkan lisensi peningkatan memungkinkan Anda untuk meningkatkan secara efektif biaya ke versi perangkat lunak yang lebih baru yang sudah Anda lisensikan.

Saat Anda membeli perangkat lunak FPP, Anda membuat perjanjian dengan Microsoft yang menyatakan bahwa Anda akan mematuhi hak penggunaan yang terkait dengan perangkat lunak tersebut. Hak-hak ini mencakup detail seperti hak downgrade, yang biasanya tidak Anda dapatkan dengan perangkat lunak FPP, berapa banyak perangkat yang Anda izinkan untuk menginstal perangkat lunak, apakah Anda memiliki hak untuk memindahkan perangkat lunak ke komputer lain (hak transfer) atau tidak dan saat ini apakah Anda diizinkan menggunakan perangkat lunak untuk penggunaan komersial atau tidak.

  • Hak penggunaan untuk FPP tercantum dalam dokumen Persyaratan Lisensi Software Microsoft, yang dapat dilihat di situs https://www.microsoft.com/en-gb/useterms

2.OEM (Original Equipment Manufacturer)

Perangkat lunak OEM adalah perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya saat Anda membeli komputer baru. Jadi misalnya ketika Anda membeli PC baru, PC tersebut mungkin dilengkapi dengan salinan berlisensi OEM dari Windows 8.1 Pro yang sudah diinstal sebelumnya. Salah satu manfaat utama dari hal ini adalah Anda kemudian mengetahui bahwa perangkat lunak telah diinstal dengan benar dan berfungsi dengan baik dan jika ada masalah apa pun, merupakan tanggung jawab pabrikan atau penginstal komputer untuk memberikan dukungan daripada Microsoft.

Sekali lagi, penggunaan perangkat lunak OEM diatur oleh dokumen Persyaratan Lisensi Perangkat Lunak Microsoft. Jadi misalnya akan merinci bahwa dengan Windows 8.1 Pro dilisensikan melalui OEM Anda mendapatkan hak downgrade terbatas di mana Anda dapat menurunkan versi sejauh dua versi sebelumnya jika Anda menginginkannya, baik ke Windows 7 Professional atau Windows Vista Business. Tetapi tidak ada hak pengalihan, sehingga perangkat lunak tidak dapat dihapus dari PC tempat asalnya diinstal dan diinstal pada yang lain, namun, Anda diizinkan untuk mentransfer PC lengkap dengan perangkat lunak berlisensi OEM ke pengguna baru jika diperlukan.

3.Lisensi Volume

Ada sejumlah perjanjian lisensi volume yang dapat Anda beli dan perjanjian ini telah disesuaikan agar sesuai dengan persyaratan yang berbeda dari semua ukuran dan jenis organisasi. Ada kesepakatan yang ditujukan untuk usaha kecil menengah dalam bentuk Open dan Open Value, serta kesepakatan yang ditujukan untuk organisasi menengah sampai besar dalam bentuk Select Plus dan Enterprise Agreement.

Penggunaan perangkat lunak yang dibeli melalui perjanjian ini dikendalikan oleh sejumlah faktor; Perjanjian itu sendiri mungkin berisi beberapa hak penggunaan khusus untuk pembelian melalui perjanjian itu, tetapi hak penggunaan per produk dapat ditemukan dalam dokumen Daftar Produk dan dokumen Hak Penggunaan Produk (PUR). Anda dapat mengunduh Daftar Produk dan PUR dari https://www.microsoftvolumelicensing.com.

Misalnya, dengan Perjanjian Perusahaan, hak pengalihan untuk perangkat lunak dirinci dalam dokumen Perjanjian Perusahaan itu sendiri, yang menyatakan bahwa lisensi hanya dapat ditransfer setelah dilunasi sepenuhnya dan hanya dapat ditransfer ke afiliasi atau pihak ketiga sebagai bagian. dari divestasi atau merger. Jadi selalu penting untuk memeriksa dokumen perjanjian karena akan merinci hak-hak yang spesifik untuk perjanjian itu sendiri, tetapi bagaimana dengan istilah yang lebih umum?

Di sinilah dokumen seperti Daftar Produk dan PUR berperan. Daftar Produk menyediakan informasi bulanan tentang Perangkat Lunak Microsoft dan Layanan Online yang dilisensikan melalui perjanjian lisensi volume, dan rincian ketersediaan perangkat lunak melalui perjanjian yang berbeda, serta jalur migrasi Jaminan Perangkat Lunak, lisensi peningkatan, dan promosi yang tersedia. PUR menjelaskan secara rinci tentang persyaratan lisensi volume umum untuk setiap model lisensi ditambah hak penggunaan khusus produk. Semua dokumen ini bersama-sama dapat digunakan untuk menentukan persyaratan lisensi untuk produk yang dibeli melalui perjanjian khusus.

Misalnya, saat Anda membeli Windows 8.1 Pro melalui Volume Licensing, lisensinya hanya sebagai lisensi pemutakhiran. Artinya perangkat harus sudah memiliki lisensi untuk sistem operasi yang memenuhi syarat sebelum menginstal Windows Upgrade. Daftar Produk berisi semua detail di balik ini termasuk daftar sistem operasi yang memenuhi syarat per perjanjian. Sedangkan PUR menjelaskan lebih detail di mana Windows 8.1 Pro dapat diinstal dan siapa yang dapat mengakses perangkat lunak baik secara lokal atau jarak jauh.

Untuk mengecek lisensi yang kita pakai pertama masuk ke pencarian windows lalu ketikan "Command Prompt" seperti gambar berikut

Setelah masuk ke Command Prompt ketikan perintah seperti gambar berikut ketikan perintah slmgr -dli juga bisa;

Kemudian akan muncul notifikasi yang menyatakan produk windows yang terinstall di komputer anda Reatail,OEM ataupun Volume sesuai deskripsinya berikut;

sumber:tenforums

sekian informasi dari saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungan di blog kami jika lisensi windows yang di beli ada error atau ada keterangan masa berakhirnya bisa cantumkan di komentar di bawah ini dan bagikan jika info ini bermanfaat.

#windows #windows10 #microsoftwindows #windows8 #windows7 #windowsxp #windowsvista #windowsupdate #windows95 #windows98 #windows8.1 #windowsetup #windows10tricks #windows10update #windows10tutorial #microsoftwindows10 #windowspc #windows2021

YIP

salken yunias pujianto masih jomblo jadi penulis blog baru

29 Comments

  1. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya

      Delete
  4. windows 10 punyaku pake bajakan modal crack wkwkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapat lisensi oem dari laptop bekas kantoran gan

      Delete
  5. Nah, kalau pas beli laptop kan kadang kita udah dikasih program-programnya bisa juga dicek lewat cara ini ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk windows lisensinya ngeceknya begitu tapi untuk Microsoft office sudah beda produk biasanya bisa masuk ke menu option atau about

      Delete
  6. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya dan share jika bermanfaat

      Delete
  7. makasih infonya gan. bingung juga klo harus punya lisensi ori kalau mahal. apalagi jutaan rpiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya dan share jika bermanfaat

      Delete
  8. Emang sekarang kalau ori gitu sampe brp ya gan? kita orang msh dalam cengkraman budaya pembajakan..wkwkwkwk..nice share gan 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin per unit lisensinya hampir 2 juta setahu saya di situs resmi microsoft untuk windows 10 pro

      Delete
  9. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya dan share jika bermanfaat

      Delete
  10. Jangan lupa harta yang di punya 2,5 % nya di sedekah kn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya dan share jika bermanfaat

      Delete
  11. Replies
    1. Terima kasih gan atas kunjungan ke blog kami jangan lupa mampir ke artikel lain ya dan share jika bermanfaat

      Delete
  12. Ane baru aja 1 bulan kmaren install ulang win 10 Alhamdulillah dah bisa nambah ilmu

    ReplyDelete
  13. Bisa jadi pembelajaran buat yg awam pengetahuan kek saya, Good Artikel👍

    ReplyDelete
  14. Keren nih.. alhamdulillah genuine windowsnya

    ReplyDelete
  15. Windows itu nggak langsung dapat ori pas beli lappy ya Kak?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post